![]() |
MANGGARAI RAILWAY STATION ON SKETCH |
Stasiun Manggarai adalah stasiun kereta api terbesar di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia yang terletak di Manggarai, Tebet Jakarta
Selatan. Stasiun ini memiliki jalur hampir sebanyak stasiun
Jakarta Kota. Stasiun ini kebanyakan hanya melayani kereta komuter tujuan Bogor, Depok,Jatinegara, Jakarta Kota dan Bekasi Letak stasiun berada di persimpangan tujuh: ke Jatinegara, Jakarta
Kota,Tanah Abang, Bogor, dipo KRL Bukit Duri, Pengawas Urusan Kereta, serta Balai Yasa
Manggarai. Stasiun Manggarai mempunyai 10 jalur kereta api.
Stasiun Manggarai menjadi tempat
penyimpanan rangkaian kereta api jarak jauh seperti Kereta api Jayabaya, Kereta
api Gaya Baru Malam Selatan, Kereta api Majapahit, Kereta api Brantas, dan Kereta
api Bangunkarta. Rangkaian kereta api ini biasanya disimpan di sepur simpan
Stasiun Manggarai. Meksipun menjadi tempat penyimpanan rangkaian, stasiun ini
tidak melayani penumpang kereta api tersebut.
SEJARAH
Wilayah Manggarai, sudah dikenal sejak abad
ke-17. Dahulu merupakan tempat tinggal dan pasar budak asal Manggarai,Flores,
kemudian berkembang menjadi Gementee Meester Cornelis. Meskipun jalur Batavia-Buitenzorg dibangun olehNederlands-Indische Spoorweg
Maatschappij (NIS)
pada tahun 1873, di daerah ini baru
dibangun stasiun Manggarai pada tahun 1914 dan selesai Mei 1918.
Sejak dibangun, tidak
ada perubahan yang berarti pada bangunan stasiun ini. Pada saat diresmikan,
bangunan ini sebenarnya belum selesai secara keseluruhan. Atap besi tidak dapat didatangkan karena
meletusnya Perang Dunia
I. Sejak 1913,Staatsspoor
en Tramwegen (SS,
dulu Staatsspoorwegen)
menguasai seluruh jalur KA di Batavia dan Meester Cornelis. SS kemudian menata
ulang jalur KA di kedua kotapraja tersebut, antara lain membongkar stasiun Bukitduri (dipo KRL saat ini) eks-NIS dan
membangun stasiun baru di Manggarai. Pembangunan dipimpin oleh arsitek Belanda bernama Ir. J. van Gendt. Ia juga
mengarsiteki sekolah pendidikan perkeretaapian dan rumah-rumah dinas pegawai di
sekitar kompleks stasiun.
Stasiun ini menjadi
saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia yakni pada tanggal 3 Januari 1946, kereta luar biasa (KLB) mengangkut rombongan Presiden Soekarno ke Kota
Yogyakarta. Di sini, berbagai persiapan sangat rahasia dilakukan.
Deretan gerbong barang ditaruh pada jalur 1. Sekitar pukul tujuh malam, KLB
melintas sangat perlahan dari arah Pegangsaan melalui jalur 4.
![]() |
LIVE SKETCHING MANGGARAI RAILWAY STATION |
Untuk menjawab masalah tersebut saat ini di Stasiun Manggarai sedang dibangun underpass yang nantinya berfungsi sebagai sarana penyebrangan bagi calon penumpang commuter line. sehingga, para calon penumpang tidak perlu takut lagi akan ketinggalan kereta yang dituju. semoga informasi dari saya bermanfaat untuk anda. Terima Kasih
![]() |
Ini Kami Pemburu objek menarik untuk disketsa |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar