Jumat, 22 Januari 2016

STASIUN MANGGARAI

MANGGARAI RAILWAY STATION ON SKETCH
 Stasiun Manggarai adalah stasiun kereta api terbesar di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia yang terletak di Manggarai, Tebet Jakarta Selatan. Stasiun ini memiliki jalur hampir sebanyak stasiun Jakarta Kota. Stasiun ini kebanyakan hanya melayani kereta komuter tujuan Bogor, Depok,Jatinegara, Jakarta Kota dan Bekasi Letak stasiun berada di persimpangan tujuh: ke Jatinegara, Jakarta Kota,Tanah Abang, Bogor, dipo KRL Bukit Duri, Pengawas Urusan Kereta, serta Balai Yasa Manggarai. Stasiun Manggarai mempunyai 10 jalur kereta api. 

Stasiun Manggarai menjadi tempat penyimpanan rangkaian kereta api jarak jauh seperti Kereta api Jayabaya, Kereta api Gaya Baru Malam Selatan, Kereta api Majapahit, Kereta api Brantas, dan Kereta api Bangunkarta. Rangkaian kereta api ini biasanya disimpan di sepur simpan Stasiun Manggarai. Meksipun menjadi tempat penyimpanan rangkaian, stasiun ini tidak melayani penumpang kereta api tersebut.

SEJARAH
Wilayah Manggarai, sudah dikenal sejak abad ke-17. Dahulu merupakan tempat tinggal dan pasar budak asal Manggarai,Flores, kemudian berkembang menjadi Gementee Meester Cornelis. Meskipun jalur Batavia-Buitenzorg dibangun olehNederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) pada tahun 1873, di daerah ini baru dibangun stasiun Manggarai pada tahun 1914 dan selesai Mei 1918.
Sejak dibangun, tidak ada perubahan yang berarti pada bangunan stasiun ini. Pada saat diresmikan, bangunan ini sebenarnya belum selesai secara keseluruhan. Atap besi tidak dapat didatangkan karena meletusnya Perang Dunia I. Sejak 1913,Staatsspoor en Tramwegen (SS, dulu Staatsspoorwegen) menguasai seluruh jalur KA di Batavia dan Meester Cornelis. SS kemudian menata ulang jalur KA di kedua kotapraja tersebut, antara lain membongkar stasiun Bukitduri (dipo KRL saat ini) eks-NIS dan membangun stasiun baru di Manggarai. Pembangunan dipimpin oleh arsitek Belanda bernama Ir. J. van Gendt. Ia juga mengarsiteki sekolah pendidikan perkeretaapian dan rumah-rumah dinas pegawai di sekitar kompleks stasiun.
Stasiun ini menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia yakni pada tanggal 3 Januari 1946, kereta luar biasa (KLB) mengangkut rombongan Presiden Soekarno ke Kota Yogyakarta. Di sini, berbagai persiapan sangat rahasia dilakukan. Deretan gerbong barang ditaruh pada jalur 1. Sekitar pukul tujuh malam, KLB melintas sangat perlahan dari arah Pegangsaan melalui jalur 4.


LIVE SKETCHING MANGGARAI RAILWAY STATION
Stasiun Manggarai merupakan salah satu stasiun paling sibuk dari stasiun-stasiun lain di ibukota. ini diakibatkan oleh karena Stasiun Manggarai merupakan poros/pertemuan beberapa jalur kereta api, seperti : Jalur jakarta Kota, Tanah Abang, Duri, Bekasi, Bogor, Jatinegara.Maka dari itu tak jarang kita akan melihat banyak orang berlari lari untuk menuju peron untuk menghindari ketertinggalan kereta. seperti yang saya sering lihat petugas penjaga peron selalu kewalahan untuk mengarahkan  orang/penumpang yang membandel.

Untuk menjawab masalah tersebut saat ini di Stasiun Manggarai sedang dibangun underpass yang nantinya berfungsi sebagai sarana penyebrangan bagi calon penumpang commuter line. sehingga, para calon penumpang tidak perlu takut lagi akan ketinggalan kereta yang dituju. semoga informasi dari saya bermanfaat untuk anda. Terima Kasih
Ini Kami Pemburu objek menarik untuk disketsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar