Selasa, 19 Januari 2016

KAMPUNG ERETAN(Bantaran Kali Cisadane), GANG MANTARENA, BOGOR, JAWA BARAT


Hi, apa kabar kawan. Selamat datang di blog saya.  Kali ini saya mau bercerita tentang sebuah perkampungan unik Di Bogor, Jawa Barat. Keunikan kampung ini bisa kita lihat dari sebutannya, Kampung Eretan.  Dimana Eretan sendiri merupakan sebutan  sebuah sarana transportasi yang digunakan warga/penduduk untuk menyebrangi sungai (Kali Cisadane). Eretan dalam dalam Bahasa Indonesia berarti "rakit" atau "Getek" dalam Bahasa Betawi. Di sini hanya terdapat sebuah eretan/getek/rakit yang digunakan oleh warga/ penduduk untuk menyebrangi sungai. Sehingga, warga harus menunggu dan secara bergilir dan dikenakan biaya 3000 rupiah untuk sekali menyebrang. Sekali sebrang alat ini dapat mengangkut maksimal 5 orang dewasa. Alat ini menggunakan sebuah tali tampang yang telah diikat menyebrangi sungai untuk bisa dijalankan.


Keunikan lain dari kampung ini ialah deretan perumahan warga yang membentang di pinggiran sungai (Kali Cisadane). Rumah-rumah warga tertata dengan rapi mengikuti kontur tanah di pinggiran sungai yang konturnya berudag-udag dan sedikit terlihat curam. Namun, inilah yang menjadi daya tarik dari Kampung Eretan itu sendiri. Sebuah sketsa yang saya buat untuk mengabadikan suasana perkampungan, saya ambil ketika saya mengikuti acara rutin dari sebuah komunitas sketsa Di Kota Hujan (Bogor Sketchers) yang kebetulan saya merupakan salah satu membernya. Keramahan warga/penduduk setempat yang didominasi Buadaya Sunda sangat terasa ketika saya berada disana. Namun dibalik itu ada satu hal yang membuat saya sedikit kecewa ada beberapa oknum warga yang dengan sengaja melempar sampah rumah tangga mereka ke sungai, yang tentunya ini sangat mengotori air sungai.  Semoga oknum yang seperti itu tidak tumbuh banyak di tempat yang unik ini sehingga Kampung Eretan tetap lestari dan dikenal lebih banyak orang.


Terima kasih telah mengikuti cerita saya tentang Kampung Eretan dan sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. salam hangat dari saya I Kadek Ariyasa

Notes: Kampung Eretan Dapat dicapai lebih kurang 15 menit dari Stasiun Besar Kereta Api Bogor. Jika anda keluar dari stasiun anda terlebih dahulu harus menyebrangi jembatan penyebrangan orang (JPO) ke arah Jembatan Merah, lalu menuju Gang Mantarena stelah itu anda dapat menanyakan kepada warga setempat jalan menuju Kampung Eretan (karena terdapat beberapa pilihan jalan menuju ke Kampung Eretan. Semoga Bermanfaat.

1 komentar: