Selasa, 11 Oktober 2016

KESENJANGAN PEMBANGUNAN IBU KOTA

Ibu Kota, ketika kita menyebut kata ibu kota pasti pikiran kita akan merujuk langsung ke Jakarta. Ya Jakarta, kota metropolitan terbesar di Indonesia, kota yang menjadi pusat pemerintahan Republik Indonesia , kota yang menjadi tempat berkumpulnya kaum urban yang berbondong-bondong datang untuk tinggal meski tidak tahu apa yang akan dilakukan di kota yang sangat keras ini. Di kota Jakarta juga banyak perusahaan-perusahaan dari yang berskala kecil, menengah, besar maupun yang berskala nasional dan multinasional mendirikan bangunan perusahaan mereka.

Hal ini  tentunya membawa berbagai dampak bagi Ibu Kota Jakarta, dari yang positif sampai yang negatif sudah tentu timbul. Sebagai seorang mahasiswa arsitektur melihat seperti hal ini merupakan suatu hal yang sangat memprihatikankan, karena lebih banyak dampak negatif ditimbulkan, mulai dari masalah sosial, lingkungan sampe budaya timbul di ibu kota.ketika kita menilik dampak positif yang ditimbulkan tentunya, namun mungkin hanya di sektor pajak semata dan atau mungkin mampu memperindah wajah kota ketika malam. kalau kita melihat apa dampak negatifnya tentu akan sangat bnyak bisa kita jabarkan, diantaranya:

       1. Masalah Sosial : adanya kesenjangan antara masyarakat kecil dan masyarakat yang sudah mampu, mapan dan kaya. Ketika banyak bangunan-bangunan kumuh dan kecil di dekatnya berdiri gedung gedung tinggi, yang membuat adanya perbedaan gaya hidup yang sangat drastis antara masyarakat kelas menengah atas dengan menengah ke bawah yang kesehariannya hidup di pemukiman kumuh.
        2. Masalah Ekonomi : masalah lain yang timbul akibat kesenjangan pembangunan yang terjadi di Jakarta mengakibatkan juga terjadinya masalah ekonomi. kesenjangan ekonomi yang terjadi adalah perbedaan kesejahteraan yang dirasa masyarakat yang tinggal di pemukiman sempit dan kumuh.
         3. Masalah Tata Kota  : yang terakhir ini merupakan yang mudah terlihat karena adanya perbedaan bangunan yang menjulang tinggi dengan bangunan-bangunan kecil yang kumuh membuat pemandangan kota menjadi tidak sedap untuk dilihat mata secara langsung. Keadaan kumuh  tentunya membuat penampakan kota akan menjadi menjadi berkurang nilai estetikanya.
             



bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar