Jumat, 17 Maret 2017

CENTRAL PLAZA-HONG KONG




Akibat minimnya lahan untuk dibangun dan meningkatnya populasi penduduk di Hong Kong, memaksa kota ini untuk menumbuhkan berbagai bangunan tinggi. Banyaknya bangunan tinggi yang berdiri di Hong Kong menjadikan Hong Kong sebagai kota paling vertikal di Dunia. Terdapat berbagai bangunan pencakar langit yang sangat terkenal di Hong Kong, diantaranya : International Comerce Centre (ICC), Two International Finance Centre, Gedung Kantor Pusat HSBC Hong Kong, Central Plaza, The Centre : A Symphony of Lihts dan Menara Bank of China.  https://id.wikipedia.org/wiki/Hong_Kong
中環廣場.JPG 
Dari tulisan ini akan dibahas salah satu dari sekian gedung pencakar langit yang telah disebutkan seblumnya. Central Plaza. Ya, Central Plaza adalah yang pertama kali kan dibahas disini. Central Plaza adalah salah stu gedung pencakar langit yang terkenal di Hong Kong, gedung yang berdiri tegak dengan ketinggian 374 meter ini terletak di Harbour Road 18, Wan Chai di Pulau Hong Kong. Selama kurun waktu 1992 sampai 1996 atau lebih kurang 4 menjadi gedung tertinggi di Asia, sampai akhirnya Shun Hing Square berdiri di Shenzhen, Republik Rakyat Tiongkok.

Central Plaza  merupakan bangunan tinggi yang menggunakan rencana lantai segitiga. Di atap gedung terdapat tiang tempat diletakannya 2mpat buah lampu eon yang sekaligus berfungsi sebagai penunjuk waktu.  Warna lampu neon pada tiang tersebut akan berubah-ubah ketika menunjukan waktu tertentu. 

Central Plaza dibuat menjadi 2 bagian komponen ; sebuah office tower dengan ketinggian 368 meter (1.207 kaki) dan sebuah podium penyangga menara dengan ketinggian 30,5 meter (100 kaki). Podium ini berisi pintu utama dan ruang sirkulasi; tubuh menara yang tingginya 235.4 meter mempunyai 57 office floors, sebuah sky lobby dan lima lantai mekanickal.

Ground level atau lantai dasar dan area publik berisikan tempat duduk untuk bersantai; lasdcaping area dengan luas8.400 meter persegi dengan air mancur, pepohonan dan batu paving buatan. Tidak terdapat area komersil disisipkan pada area podium. Di bagian depan sebuah jalan yang terhubung dengan Stasiu MRT (Mass Rapid Transit), Convention and Exhibition Centre dan Gedung Pendapatan Tiongkok.https://en.wikipedia.org/wiki/Central_Plaza_(Hong_Kong) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar