Kamis, 15 Juni 2017

HONG KONG DAN GEDUNG-GEDUNGNYA YANG MENJULANG.

Salam hangat readers, selamat datang di blog sederhana ini, kali ini saya akan mengisahkan sedikit perjalanan saya di Hong Kong beberapa pekan lalu. Perjalanan ini dilakukan dalam acara tahunan Jurusan Arsitektur Universitas Gunadarma. KLA  (Kuliah Lapangan Arsitektur) sebut saja begtitu. Dalam studi ini mahasiswa arsitetur diajak melakukan perjalanan ke sebuah tempat/daerah/negara dan melakukan pengamatan dan nantinya dilaporkan dalam bentuk sebuah karya film arsitektur. Nah kali ini saya beserta temen-temen mahasiswa yang lainnya mendapat kesempatan untuk berkunjung ke beberapa negara di Asia, diantaranya ; Hong Kong, Macau dan Senzhen (China).

Pada artikel ini sya akan bercerita lebih banyak tentang hong kong, Perjalanan dimulai dari sesampainya rombongan di Bandara Internasional Hong Kong, setelah  itu perjalanan dilajutkan menuju sebuah pertokoaan perhiasaan, dimana tempat ini merupakan temapat wajib kunjungan yang diharuskan oleh pemerintah Hong Kong kepada setiap wisatawan yang berkunjung ke Hong Kong. Setelah itu perjalanan dilanjukan menuju ke tempat pengamatan pertama yaitu : Garden of Stars, dimana kelompok saya mendapatkan kesempatan itu pertama. Namun saya tidak akan berbicara banyak tentang itu, namun cerita tentang bagaimana saya melihat gedung-gedung tinggi yang berada di sepanjang perjlanan. Sesuai dengan beberapa artikel yang sering saya baca di beberapa blog, Hong Kong merupakan kota dengan bangunan tinggi terbanayk di dunia. Dan benar di sepanjang perjalanan saya melihatnya secara langsung. Menurut penuturan guide yang memandu perjalanan sebagian besar orang Hong Kong tinggal di dalam apartmen, dan biasanya hanaya mereka yang berpenghasilan di atas rata rata yang memiliki hunian tapak.


Selain karna minimnya lahan di Hong Kong untuk membuat hunian tapak, struktur tanah yang terdiri dari batuan juga sangat mendukung untuk mendirikan bangunan tinggi di Hong Kong. Bahkan bangunan menjulang tidak hanya dibangun di daerah dataran rendah semata bahkan hingga perbukitan tetap bisa kita temukan bangunan tinggi menjulang. Ini mengapa hong Kong sangat mempesona bagi saya karena bangunan tingginya yang sangat beragam tinggi dan bentuknya. Semoga mendapatkan kesempatan untuk berkunjung kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar