Rabu, 15 Oktober 2014

KEBUDAYAAN

Kebudayaan berasal dari kata dasar “budaya”, atau buddhayah (dalam Bahasa Sanskerta) yang berarti budi atau akal manusia. Jadi, budaya adalah pola hidup yang berkembang dalam kehidupan yang dimiliki dibangun oleh sekelompok orang yang akan diwariskan dari generasi ke generasi.
Kebudayan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dijalankan/dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai negara yang majemuk Indonesia memiliki banyak jenis kebudayaan dari Sabang sampai Merauke.
Contoh: Budaya Betawi, Sunda, Jawa, Bugis, Bali, Papua dan lain-lain.

Budaya Bali merupakan salah satu budaya warisan nusantara yang sudah dikenal sampai ke mancanegara, disamping budaya-budaya lain di Indonesia yang juga banyak dijumpai di Indonesia. Bali sendiri terdiri dari banyak dan ratusan budaya, antara lain: pakaian adat, seni, music tradisional, tradisi pernikahan dan lain-lain.  Kita sebagai umat manusia yang berbudaya hendaknya mau dan mampu melestarikan budaya nenek moyang kita, terutama budaya Indonesia/budaya yang lahir di Indonesia. Sehingga, tidak akan ada kekhawatiran lagi mengenai punahnya budaya. Hal yang perlu kita ingat pula ialah, kita harus selektif dalam memilah budaya asing yang masuk ke Negara kita, yang dapat merusak mental dan kepribadian kita sebagai bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar