Minggu, 14 Juni 2015

PANDANGAN HIDUP YANG POSITIF


                Setiap orang memiliki karakter, sifat/ watak masing-masing, manusia juga memiliki pandangan hidup mereka masing-masing. Pandangan hidup ini penting dimiliki oleh setiap orang sebagai acuan atau tumpuan setiap orang dalam menjalani kehidupan.  Pandangan hidup bisa menjadi ciri kepribadian seseorang menurut pandangan hidup mereka masing-masing. Pandangan hidup yang dimiliki setiap orang berbeda-beda, tak jarang pula setiap manusia memiliki pandangan hidup yang bertentangan dengan manusia yang lainnya.
                Kalau kita melihat ulasan saya tadi, dapat dikatakan bahwa pandangan hidup merupakan pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pedoman, pegangan, arahan hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan ini didasarka ats pengalaman yang pernah dialami seseorang yang memiliki pandangan hidup. Pandangan hidup amatlah penting dalam kehidupan ini, karena tanpa pandangan hidup manusia tidak memiliki arah dalam kehidupannya, manusia akan tidak memiliki tujuan dalam hidupnya. Pandangan hidup merupakan jalur pengahantar manusia menuju tujuan yang ingin dicapainya. Pandangan hidup membuat arah kehidupan seseorang berjalan dengan teratur.
                Pandangan hidup ada yang dimiliki setiap manusia tidak sama sifatnya, ada yang memiliki pandangan hidup yang positif dan ada pula yang negative. Pandangan hidup yang positif mengilhami manusia memiki pikiran yang positif terhadap sesuatu, misalkan: kemiskinan, jika seseorang mhidup dalam keadaan miskin, atau tidak berkecukupan, namun dalam pola pikirnya sudah tertanam harus memandang sesuatu yang mereka alami sebagai hal yang positif mereka akan mensyukuri dengan tetap bekerja keras, dan tidak berputus asa pada keadaan yang mereka alami. Sebaliknya, bagaimana dengan pandangan hidup yang bersifat negative???  Mereka yang hidup dengan pola piker yang negative atau pandangan hidup yang negative mereka akan mencaci keadaan, atau mereka akan mengubah keadaan yang mereka alami dengan cara yang instan, missal: menjadi pencuri/perampok, mengambil pekerjaan yang betentangan dengan ajaran susila.

                Tidak Cuma banyak itu saja, masih banyak sekali manusia yang menggunakan pandangan hidup yang negative dalam kehidupan dan poala piker mereka. Kiata ambil contoh. Terorisme, merupakan tindakan dimana manusia tidak lagi memandang kehidupan yang majemuk itu ada, tidak lagi memandang keberagaman itu sebenarnya ada. Manusia yang terlibat dalam tindakan seperti ini sering sekali menganggap bahwa kaum yang mereka anutlah yang paling tepat, dan paling benar. Sehingga yang liain menjadi salah bagi mereka. Tak jarang pula manusia yang memilikipandangan hidup negative akan melakukan tindakan yang akan merugikan dirinya dan orang banyak. Seperti, bom bunuh diri. Ii merupakan pandangan hidup yang salah sehingga tidak pantas untuk diikuti. Untuk itu setiap manusia penting dalam melihat pandangan hidup positif untuk diterapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar