Minggu, 07 Juni 2015

RASA TANGGUNG JAWAB

   Pada hakikatnya manusia memeiliki masing-masing tanggung jasab di dalam dirinya. Entah dia seorang mahasiswa , dosen, guru, murid, tua, muda, serta anak-anak memebawa masing-masing tanggung jawab itu.  Tanggung jawab yang kita miliki sebagai manusia bermacam-macam dan beragam bentuknya, ada yang kecil, besar, gampang dan rumit banyak sekali.  Kita semua memilikinya. Namun kadang kala tanggung jawab yang dimiliki setiap orang bisa sja dapat trselesaikan, dapat dijaga dengan baik, namun ada juga yang tidak. Apa yangvmengakibatkan semua itu? Yang mengakibatkan hal itu trjadi karena "rasa tanggung jawab" yang dimiliki setiap orang berbeda satu sama lainnya. Apakah itu "rasa tanggung jawab?  
    Rasa Tanggung Jawab adalah suatu pengertian dasar untuk memahami manusia sebagai makhluk susila, dan tinggi rendahnya akhlak yang dimilikinya. Dengan kata lain semakjn mulia akhlak seseorang berartisemakin besar pula rasa tanggung jawab yang ia miliki, semakin mantap pula ia melaksanakan pekerjaan yang disematkan untuknya. Rasa tanggung jawab erat kaitanny dengan rasa memiliki sesuatu. Bila mana kita sudah mempunyai rasa memiliki yang kuat terhadap pekerjaan yang disematkan kepada kit, entah ringan maupun berat pasti bisa terselesaikan dengan baik dan rasa tanggung jawab dalam diri untuk menyelesaikan pekerjaan rmtersebut pasti akan selalu ada.
       Terkait dengan rasa tanggung jawab itu tadi banyak sekali kejadian-kejadian yang berkaitan dengan itu, para koruptor yang berani mengambil uang negara adalah salah satu contoh rendahnya rasa tanggung jawab yang dimiliki, padahal mereka diberikan jabatan, diberikan kepercayaan yang tinggis soal itu. Namun, untuk ksekian kalinya korupsi masih tetap terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar